Sunday, July 3, 2011

KERJA BAKTI 03 JULI 2011 DI SAWAH CANDRADIMUKA

         Dinginnya pagi hari di perkampungan Ceper tidak membuat semangat pemuda-pemudi cempaka melemah dalam menghadapi kegiatan rutin organisasi. Tegap langkah para pemuda dengan senjata PACUL dibawa diatas pundak mereka seakan tidak sabar untuk segera memulai kegiatan hari itu. Pemudi-pemudi pun tidak mau kalah dengan para pemuda, dengan membawa senjata ENGKRONG di tangan mereka membuat nampak seperti gadis perkasa yang tidak hanya mampu bersolek saja...hehehhe. Pemuda-pemudi cempaka bersatu padu berkumpul sawah candradimuka.

         Tepat pukul 07.30 Wib kegiatan yang di tunggu-tunggu pun dimulai. Kegiatan kerjabakti hari itu adalah membersihkan rumput sekaligus membuat saluran air diantara lebatnya tanaman jagung. Kegiatan sedikit terganggu dengan adanya genangan air yang ada di sawah candradimuka. Karana adanya air ini maka tanah menjadi sangat gembur sehingga tanah senang sekali menempel pada bibir pacul, walhasil pacul menjadi berat dan tanah sulit untuk dibalik. Hal ini cukup merepotkan kegiatan hari itu, tetapi dengan semangat yang dimiliki para pemuda-pemudi yang dikenal pantang menyerah maka kegiatan kerjabaktipun tetap berjalan.

        Kondisi tanah yang lembek benar-benar menguras tenaga para pemuda gagah perkasa itu. Segala kemampuan yang dimiliki dalam mengolah tanah dengan senjata pacul meraka keluarkan habis-habisan. Tidak jarang meraka memegang boyok mereka yang seakan mau putus karena memang kegiatan ini benar-benar menguras tenaga. Para pemudi dengan senjata yang mereka bawa bertugas untuk membabat habis rumput-rumput yang tidak diharapkan tumbuh diantara tanaman jagung. Pemuda-pemudi cempaka dengan semangat "45" tetap melaksanakan kegiatan walaupun kondisi badan seakan mau pingsan. 

       Alhamdulillah, setelah kegiatan berjalan kurang lebih 45 menit, ada salah satu warga yang berbaik hati membawa shodaqoh minuman teh dan camilan roti untuk kami semua (terima kasih bu Bario atas makanan dan minumannya). Makanan dan minuman itu sedikit banyak menambah semangat kami untuk segera menyelesaikan tugas hari ini karena dari tadi mulai memang belum terlihat adanya makanan dan minuman yang disediakan. Setelah menyelesaikan separuh perjalanan membuat parit diantara tanaman jagung, kami pun rehat sejenak untuk beristirahat sekaligus mengumpulkan tenaga yang sudah terkuras untuk bergelut dengan tanah. Waktu istirahat inipun kami gunakan untuk menikmati sajian roti dan teh panas dari bu Bario sambil menunggu makanan yang sedang dicari oleh salah satu anggota pemuda. 

         Kegiatan kerja bakti yang masih menyisakan separuh jalan itupun kami lanjutkan setelah cukup beristirahat. Kami kembali bergelut dengan tanah yang becek dengan sisa-sisa tenaga yang dimiliki hasil dari roti lapis, tahu pong, molen pisang, serabi dan sedikit gelontoran teh panas dan minuman berasa jeruk hasil kolaborasi antara air putih dengan ekstrak jeruk yang dibungkus plastik kuning dengan inisial "N".....(gak disebut karena gak ada kerjasama promosi.....hehehehe). Tambahan dua personil kakak beradik yang baru saja menjalankan tugas mendidik anak-anak kampung menjadi calon pemain sepak bola, sedikit banyak membantu meringankan beban rekan-rekan pemuda yang sudah mandi keringat dari pagi hari. Para pemudi yang tadinya berada di sawah candradimuka pun sudah beranjak menuju bawah pohon yang rindang karena memang matahari sudah tinggi. 

         Alhamdulillah, Kurang lebih pukul 10.30 Wib akhirnya rumput-rumput jahat yang tidak seharusnya tumbuh di sela-sela tanaman jagung yang hijau berhasil kami babat habis. Parit di antara tanaman jagung pun selesai kami buat walaupun dengan hasil seadanya. Pemuda yang tampak gagah di pagi tadi, nampak layu karena kehabisan tenaga. Para pemudi pun nampaknya juga demikian. Kegiatan hari itu kami tutup dengan menghabiskan sisa-sisa makanan yang ada sekaligus untuk beristirahat.

Terima kasih kepada pemuda pemudi cempaka yang sudah bersedia meluangkan waktu dan tenaga dalam kegiatan minggu tgl 03 juli 2011 tersebut dan yang belum hadir semoga dibukakan hatinya serta dilapangkan langkahnya serta ada diberi kesempatan untuk bersama-sama mengikuti  kegiatan selanjutnya. Amin

0 comments:

Post a Comment

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com